Selasa, 04 November 2008

Ganti Suara Booting Dengan Lagu

Bagi pengguna windows xp, tentu familier dengan apa yang didengarkanya tiap pertama kali masuk windows. Sound pembuka windows merupakan default (bawaan) windows yang menjadi ciri khas dari xp. Bisakah Sound default windows tersebut diganti dengan suara lain? Lagu dewa misalnya ...

Jawabannya tentu bisa, asal pembaca mau dan berani mencoba apa yang akan dijelaskan disini. Sebenarnya bukan hanya lagu dewa saja yang bisa menggantikan sound default windows, namun pembaca bisa menggantinya dengan lagu lain yang menjadi kebanggaan.

Caranya sangat gampang. Sebab hanya dengan mengganti sound yang dipanggil windows dalam direktori c:/windows/media dengan sound yang terletak dalam direktori music kita, maka masalah ini terselesaikan. Perubahan sound yang dikeluarkan windows tidak hanya dapat dilakukan pada sound pembuka saja, melainkan semua sound yang ada di windows semuanya dapat dirubah dengan cara sama seperti ketika merubah sound pembuka windows.

Untuk dapat merubah sound pembuka windows, yang anda butuhkan hanyalah file musik yang akan anda gunakan untuk merubah sound pembuka tersebut. Selebihnya semua kebutuhan telah disiapkan oleh windows untuk anda. Adapun langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk melakukan perubahan pada sound pembuka adalah sebagai berikut :

LANGKAH 1

Untuk menyamakan misi, simpan file lagu dalam direktori MyMusic.

Jika tidak mengerti cara menyimpan file lagu tersebut dalam direktori MyMusic, ikuti langkah 2 sampai 4. jika bisa lewati step tersebut.

LANGKAH 2

Klik start

LANGKAH 3

Klik pada MyMusic.

LANGKAH 4

Copy-kan lagu yang dipilih pada direktori mymusic. Misal lagu yang dipilih adalah “Dewa.mp3”, maka copy-kan “Dewa.mp3” dalam direktori MyMusic.

Dari sini berarti file lagu yang anda pilih telah ada didalam direktori MyMusic.

LANGKAH 5

Klik pada Control Panel. Caranya pilih Start a Control Panel.

LANGKAH 6

Karena windows xp menyediakan dua tampilan yaitu new dan classic, maka untuk yang bertampilan new pilih Sound,Speech, and Audio Devices.

LANGKAH 7

Klik pada Sound and Audio Devices.

LANGKAH 8

Bagi yang bertampilan classic pada control panel-nya, maka pilih Sound and Audio Devices. Yang membedakan Classic dan new hanya pada tampilan saja.

LANGKAH 9

Tampilan dari step 9 merupakan hasil dari step 6,7 untuk tampilan new pada windows, dan step 8 untuk tampilan classic.

LANGKAH 10

Pilih Sounds.

LANGKAH 11

Program Events. Disinilah tempat dimana windows menentukan sound yang didengar pada setiap aktivitasnya.

LANGKAH 12

Klik pada salah satu pilihan yang ada pada program events. Lihat perubahan yang terjadi, dimana box dari Sound yang semula dalam keadaan non aktif, kini dalam keadaan aktif dengan menampilkan pilihan2 sound.

LANGKAH 13

Dengan menarik kebawah pilihan dari program events, pilih Start Windows.

LANGKAH 14

Dengarkan music yang dikeluarkan oleh start windows. Untuk mendengarkannya tekan tombol play sound. Jika suara yang didengar sama seperti suara ketika anda pertama kali masuk windows maka mengindikasikan bahwa sound setting anda tidak error.

LANGKAH 15

Untuk mencari lagu yang ingin digunakan sebagai pengganti sound pilihan windows, klik pada Browse.

LANGKAH 16

Tampilan Browse for Start Windows muncul setelah anda mengklik Browse. Disana letak semua sound yang disertakan windows sebagai sound instrument.

Untuk mengganti dengan lagu yang anda sukai, dimana sebelumnya terletak di MyMusic, maka anda harus merujuk kedalam direktori my music. Untuk melakukannya.

LANGKAH 17

Klik pada tanda panah ke bawah dari Look in.

LANGKAH 18

Pada look in, pilih dan Klik pada MyDocuments.

LANGKAH 19

Karena anda menyimpannya dalam direktori my music, maka pilih MyMusic.

LANGKAH 20

Seperti pada contoh diatas bahwa file lagu kita adalah “Dewa.mp3”, maka klik ganda pada file tersebut, atau sorot lalu klik OK.

LANGKAH 21

Kini perubahan telah terjadi. Pilihan Sound dari tampilan Sound and Audio Devices kini telah berubah menjadi file lagu yang telah anda pilih. Untuk mencoba mendengarkan hasilnya lakukan seperti pada step 14.

LANGKAH 22

Sebagai step pamungkas, seperti biasanya klik OK. Pilih Cancel untuk membatalkan atau Apply untuk menuangkan hasil tanpa harus keluar dari Property Sound audio.

LANGKAH 23

Restart computer.

Seperti yang tertera pada step 23, aktivitas melakukan restart computer ditujukan untuk menguji step yang dilakukan. Bila sound yang didengar sama seperti lagu yang anda pilih, maka berarti step yang anda lakukan telah berhasil.

Selamat mencoba ...

Tidak ada komentar:

Label