Jumat, 29 Januari 2010

Interface Design Multimedia Interaktif

Perkembangan Teknologi Informasi kini telah menjadi hal yang sangat di bicarakan oleh semua kalangan yang bergelut di bidang IT . Terutama bagi kalangan Pelajar dan mahasiswa yang khusus mengambil bidang multimedia sebagai jurusan yang di ambilnya maupun sebagai mata pelajaran atau mata kuliah yang mengandung unsur multimedia interaktif. Kenapa Informasi sangat penting dalam pengolahan agar dapat diterima oleh para pengguna dengan baik. Karena Informasi merupakan bagian yang terpenting dalam kehidupan sehari-hari yang kini sudah banyak di publikasikan dalam berbagai macam media ( media cetak atau media elektronik ) yang kini merambah drastis pada media yang menggabungkan banyak komponen yang di gabungkan menjadi satu yaitu dalam Multimedia. Dalam Multimedia bebarapa komponen didalamnya merupakan komponen yang memiliki perbedaan yang sangat nampak, contohnya TEKS, GAMBAR, SUARA, dan VIDEO yang merupakan dasar dari informasi yang dituangkan dalam bentuk TEKS, GAMBAR, SUARA, serta VIDEO yang di gabungkan menjadi satu untuk berjalan dalam satu tujuan yaitu Multimedia Interaktif. Untuk penggunaan multimedia sangat luas anda dalam mengimplementasikannya, apakah itu untuk Pendidikan, kesehatan, Perusahaan ( Bisnis), Permainan ( game ), rumah tangga dan lain sebagainya. Untuk sebuah perusahaan penggunaan multimedia ini bisa menjadi tambahan pada alat pemasaran yang berfungsi untuk memasarkan dan memperkenalkan prolif perusahaan beserta produk-produknya kepada masyarakat luas. Dalam Multimedia Interaktif dapat pula dibagi menjadi 3 bagian ( ini menurut saya lho, maaf klo salah ). Yaitu
1.       Multimedia Interaktif Statik
2.       Multimedia Interaktif Dinamis
3.       Multimedia Interaktif Template

Multimedia Interaktif Dinamis :Merupakan Multimedia yang disajikan dan didesain untuk penggunaan yang dapat berulang-ulang dengan mengupdate isi mau pun desain tataletak dari suatu media. Media ini bisa dalam berbasis web yang diperpadukan dengan pemrograman database berbasis web server atau bisa juga dalam bentuk media KIOSK yang di kontrol dalam Pengeditan Isi pada suatu server yang letaknya tidak dalam stu posisi dengan KIOSK tersebut
Multimedia Interaktif Template :Merupakan Multimedia yang digunakan dalam bentuk pattern desain multimedia dari rancangan interface sampai isi yang tidak membutuhkan server untuk mengontrolnya dalam hal penambahan ataupun pengurangan data. Penggunaan multimedia ini tergantung dari jenis thema isi yang disajikan serta kegunaannya. Salah satu Contohnya Print Photo. Yang penggunaannya user hanya memasukan data-data foto dalam media penyimpanan CD,Flash Disk, dll yang di hubungkan melalui USB ataupun cd room yang sudah terpasang pada KIOSK tersebut. Serta User hanya memilih bentuk dari foto yang ingin dicetaknya dan di padukan dengan background, frame dll yang hanya tersedia pada KIOSK tersebut.
Contoh lain mungkin dalam bentuk software yang dikemas untuk mempermudah usernya dalam berkreasi dengan desain-desain yang sudah terpasang pada software tersebut.
Dari kesemua itu tinggal anda sendiri yang memilih multimedia mana yang akan anda ciptakan untuk kepentingan bisnis maupun pribadi dan hanya anda yang dapat berkreasi dengan ide-ide anda yang lebih kreatif dan user friendly dalam menciptakan rancangan multimedia anda.

Tidak ada komentar:

Label