Jumat, 15 Januari 2010

Trik Aman Berinternet

Mungkin anda pernah mendengar bahwa pesan yang anda ketik pada waktu chat di AOL/Yahoo/MSN dapat dibaca oleh hacker melalui jaringan yang anda gunakan, apakah ini benar?
Jawabanya : Ya benar
Sesungguhnya hal ini berlaku juga terhadap data yang datang dan pergi melalui koneksi internet : halaman web, email, percakapan chat dan banyak lagi.
Sebagian besar hal tersebut tidak menjadi masalah. Namun di lain sisi, ada waktu dan situasi dimana anda perlu sangat berhati-hati.
Lalu lintas data di jaringan seperti internet dapat dilihat oleh berbagai mesin. Mesin lokal yang terkoneksi dengan hub sebagai salah satu contohnya, semua dapat melihat data yang terkirim dan masuk ke mesin yang terhubung ke hub yang sama. Seperti perjalanan data melalui internet, sebenarnya data berjalan melalui berbagai perangkat yang dapat 'melihat' data tersebut.
Tampak menakutkan.
Namun kabar baiknya adalah sebenarnya cukup sulit untuk menemukan data yang dikirimkan dan masuk dari sebuat mesin yang spesifik, kecuali anda berapa pada segmen jaringan yang sama. Sebagai contoh, apabila anda terkoneksi ke internet menggunakan DSL, mesin lain yang berbagi dengan DSL koneksi tersebut mungkin dapat melihat trafik anda, tetapi mesin acak yang ada di internet akan membuat sangat sulit melacak hal ini.
Ini bukan sesuatu yang patut dikuatirkan secara berlebihan.
Tetapi, terdapat beberapa hal yang ada perlu perhatikan dengan serius.
  • Wireless access points beroperasi mirip seperti sebuah hub. Semua wireless adapter didalam jangkauan dapat melihat semua trafik jaringan. Apakah anda sering memanfaatkan wireless hotspot tanpa enkripsi? Siapapun di cafe, toko, perpustakaan atau bahkan di jalan aau di gedung sebelah, dapat membaca trafik anda.
  • Hotel atau koneksi third-party juga rentan, dikarenakan anda tidak tahu apa dan siapa yang berbagi atau melihat koneksi anda. Sangat memungkinkan anda pada sebuah hub dan kamar sebelah atau di hall bawah dapat melihat trafik anda, atau mungkin staf hotel sendiri yang merekam trafik internet dari semua kamar.
  • Pemilik koneksi Internet yang disediakan atau berbagi dengan rekan sekamar atau serumah juga sama, siapapun yang mengatur hal ini dapat dengan mudah melihat trafik internet keluar dan masuknya koneksi data 
  • Koneksi di tempat kerja dapat juga dengan mudah dimonitor oleh pekerja anda. Faktanya, satu-satunya perbedaan antara pekerja anda dengan sebuah hotel atau pemilik koneksi internet adalah di tempat kerja apabila majikan mengawasi koneksi pegawai adalah legal sedangkan di tempat lain adalah ilegal.
Jadi apa yang harus dilakukan?
Selain menghindari situasi diatas, apabila memungkinkan, anda perlu pastikan bahwa wireless hotspot anda telah dikonfigurasi dengan WPA2 enkripsi, (WPA adalah yang tersedia saat ini, tidak ada gunanya menggunakan WEP karena dapat dengan mudah di-crack). Dengan cara ini maka koneksi wireless anda akan aman, Bahkan apabila ada seseorang melacak dan melihat data anda, maka yang mereka lihat adalah data yang terenkripsi.
Dari langkah diatas apabila anda tidak memiliki kontrol atas koneksi wireless dan juga tidak ada kontrol pada koneksi ISP, maka diperlukan langkah tambahan.
Sebagai langkah awal, apabila anda berada di luar, mungkin anda coba menunggu sampai di rumah sebelum mengakses data penting seperti online banking.
Berikut beberapa langkah teknis untuk membantu anda tetap aman:
  • https (lawan dari http) koneksi ini terenkripsi. Meskipun menjelajah menggunakan media tak terenkripsi seperti koneksi wireless atau open WiFi hotspot, https protokol mengenkripsi data yang masuk dan keluar di website yang sedang diakses. Umumnya website yang menyimpan data pribadi anda akan menggunakan koneksi https.
  • Koneksi email yang aman harus digunakan di email program anda seperti Outlook, Thunderbird atau program lainnya di komputer anda yang menggunakan POP3/IMAP dan SMTP. Umumnya setting email konfigurasi menggunakan koneksi untuk mendownload email dengan protokol unencrypted. Kini banyak tawaran untuk mengubahnya menjadi encrypted. Apabila memungkinkan, gunakan protokol encrypted saja.
  • VPN atau virtual private networks adalah teknologi yang dapat digunakan untuk mengamankan koneksi internet anda dengan menciptarkan 'tunnel' yang terenkripsi di trird-party. Semua trafik internet menuju third-party yang terpercaya kemudian dienkripsi dan setelah itu akan terkoneksi pada internet. Semua trafik internet akan aman dari pelacakan

Tidak ada komentar:

Label