Jumat, 16 November 2012

Penantang Kuat Google Maps

Here layanan peta buatan Nokia berbasis cloud menjadi penantang serius Google Maps

Here adalah brand yang dipilih Nokia untuk menjadi nama layanan lokasi dan map terbarunya yang dirilis di San Francisco.

Bagi penulis pemilihan nama tersebut terdengar kurang menjual dan ‘catchy’, tapi mungkin Nokia memiliki alasan lain yang kuat memilih nama “Here” (sama seperti saat mereka memutuskan memakai brand OVI tapi akhirnya berhenti digunakan).

Terlepas dari pemilihan nama brand, fitur yang ditawarkan Nokia Here pada dasarnya masih memberikan fitur sejenis layaknya layanan peta seperti Google Maps, Bing Maps, dll. Terdapat fitur peta, informasi traffic lalu lintas (untuk lokasi tertentu), landscape, panduan arah melalui suara dan fitur tampilan 3D Maps terbaru.
screenshot Here di browser Firefox

“Nokia Here” dapat diakses baik melalui desktop ataupun web browser dengan membuka situs Here.net. Sayangnya saat Info Teknologi mencoba membuka melalui browser Chrome di Win7 tampilan peta tidak dapat terlihat dengan baik, sementara untuk browser seperti Firefox dan IE dapat mengakses situs tersebut tanpa masalah.

Fitur 3D map rendering
Nokia Here tersedia secara native di Windows Phone dan segera menyusul di device lain yang memakai Android, iOS, dan Firefox OS. Hal ini merupakan sebuah berita baik khususnya pengguna iOS yang akhirnya memiliki alternatif pengganti Apple Maps yang mengecewakan dan masih absennya applikasi Google Maps di iOS.

Sumber : infoteknologi.com

Tidak ada komentar:

Label